Senin, 04 Februari 2013

Cara memperbanyak daun sirih

Tanaman sirih dibedakan atas beberapa jenis berdasarkan bentuk daun, aroma dan rasa. Jenis-jenis tersebut adalah sirih jawa (berdaun hijau tua dan rasanya kurang tajam), sirih banda (berdaun besar, berwarna hijau tua dengan warna kuning di beberapa bagian, dan rasa dan bau lebih kuat), sirih cengke (daun kecil, lebih kuning dan rasanya seperti cengkeh), sirih hitam (rasanya sangat kuat dan digunakan sebagai campuran berbagai obat), dan sirih kuning. Jenis sirih yang dikunyah dengan pinang biasanya berwarna hijau muda dan rasadnya kurang pedas. 

Cara budidaya daun sirih
Bagi Anda yang ingin mencoba menanam sirih merah, cobalah dengan cara merunduk. pengalaman saya dan sudah saya praktekkan, cara ini adalah yang paling mudah bagi pemula. Caranya:
1.Sediakan media tanam stek berupa tanah, pasir, dan kompos. Perbandingannya tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 3:1:3. Masukkan ke dalam polybag berdiameter 15 cm yang bagian bawahnya sudah dilubangi,
2.Pilih batang daun sirih yang sudah tua.
3. Pilih batang sirih yang sudah panjang yang sudah menjulur panjang ke bawah, kemudian cukup lengkungkan batang daun sirih yang kemudian tanam dalam polibeg tersebut, sisakan ujung nya kira-kira 15 cm.
4. Setelah beberapa minggu atau kira-kira  1-2 bulan, akar sudah tumbuh banyak, dan kelihatan sudah ada daun baru sekitar 2 - 3 lembar. batang sirih siap di dipisahkan dengan cara memotong batang dari induknya.
5. Bibit yang sudah jadi biarkan tetap t dalam polibeg sampai usia 2 minggu. sampai tanaman benar-benar kokoh dan siap dipindahkan ke lubang tanaman.

Agar tidak perlu banyak menyiram dalam proses merunduk sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim hujan. Bibit dipindahkan ke lubang tanam yang telah disiapkan dengan cara merobek salah satu sisi polibeg. Tanah di sekitar bibit dipadatkan agar pertumbuhannya kokoh. Bibit yang telah ditanam disiram dengan air secukupnya. 

Alhamdulillah saya sudah mencobanya dan banyak yang sudah saya bagikan untuk orang-orang yang suka tanaman daun sirih.

baca selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar