Rabu, 27 Oktober 2010

Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievemens Division)

          Pembelajaran kooperatif adalah pemeblajaran yang mengutamakan asanya kerjasama, yakni kerjasama antara siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
           Pemebelajaran kooperatif tipe STAD merupakan tipe pembelajaran yang menekankan pada kerjasama untuk mengembangkan keterampilan kognitif dengan melibatkan keterampilan penalaran dan fisik seseorang untuk membangun suatu gagasan atau pengetahuan baru atau menyempurnakan pengetahuan yang sudah terbentuk untuk mencapai tujuan bersama.
Tahap-tahap yang dilakukan dalam Pemebalajaran.
1. Perencanaan
    Menyiapkan instrumen pembelajaran
       - RPP
       - Lembar tes
2. Pelaksanaan
    - guru membagi kelompok diskusi, satu kelompok terdiri dari 4 siswa dan kepada setiap kelompok    dibedakan jenis kelamin, dan tingkat kemampuannya
     - guru menyuruh siswa menyelesaikan soal-soal secara berdiskusi dengan teman sekelompoknya
- siswa membuat kesimpulan jawaban yang telah ditemukan dari hasil diskusi kelompok
- tahap awal, guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan dan melaporkan hasil kerjasama (yang mengerjakan di depan tidak boleh dibantu oleh teman dari sekelompoknya.
-  jika m,asih kurang jelas penjelasan dari yang pertama, diberikan untuk menunjuk teman dari kelompok lainnya untuk menjelaskan ulang sesuai hasil kerja diskusinya.
- guru bersama-sama melakukan pembahasan thdp pertanyaaan-pertanyaan tersebut.
- guru memberikan kuis, untuk dikerjakan secara perorangan
- Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah, untuk memantapkan pemahaman siswa
3. Tahap Evaluasi
- tes formatif
- Pemberian tugas tes formatif
- Pengolahan nilai
- pengolahan hasil observasi
- pengolahan hasil angket



Contoh lembar Observasi STAD
No
Kegiatan
Jumlah Siswa
Aktivitas (%)
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Membaca
Menjawab pertanyaan
Menyampaikan Pendapat
Memperhatikan penjelasan teman
Aktivitas diskusi dengan teman sekelompok
Memperhatikan penjelasan guru
Frekuensi bertanya
Frekuensi mengeluarkan pendapat
Mengerjakan soal dengan baik
Bersikap tidak relevan saat KBM




Contoh lembar Angket siswa
Berilah tanda ceklist(√) pada kolom yang tertera di bawah ini
No
Pernyataan
S
TS
TT
1.
Saya tidak suka bekerjasama dengan teman sekelompok



2.
Saya senang diskusi kelompok seperti ini



3.
Pembelajaran seperti ini membuat saya lebih paham



4.
Saya merasa bosan belajar seperti ini



5.
Pembelajaran seperti ini membuat saya giat  belajar dan membuka buku panduan



6.
Pembelajaran seperti ini membuat saya kreatif dan berpikir keras



7.
Dengan pembelajaran seperti ini saya merasa lebih sering komunikasi dengan teman



8.
Saya merasa takut jika ditunjuk oleh guru atau teman lain untuk mempresentasikan jawaban



9.
Saya merasa lebih berani dan yakin atas pendapat yang saya kemukakan



10.
Pembelajaran seperti ini membuat saya kompak dengan teman-teman




Keterangan:
S   : Setuju
TS : Tidak setuju
TT : Tidak Tahu baca selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar